oleh HUSNI SUKRY PASARIBU

Asal Bau Badan

Bau Badan alias BB termasuk musuh nomor satu penampilan. Stres, penyakit, keringat & bakteri, makanan dan wewangian bisa jadi pemicu timbulnya BB.
Banyak orang tak menyadari kalau dirinya mempunyai masalah BB. Repotnya jarang orang mau menyampaikan soal “aib” yang satu ini pada yang bersangkutan. Jadi, kita harus pandai-pandai mengontrol BB sendiri. Misalnya, sebelum mandi, ciumlah atau baui blus yang baru Anda kenakan. Lalu berandai-andailah sekiranya diri Anda menjadi orang lain yang baru berdekatan dengan Anda. Cukup mengganggukah BB Anda? Bila belum yakin pada penciuman Anda, cobalah tanyakan pada orang terdekat. Misalnya, kakak atau adik perempuan atau ibu tentang aroma diri Anda. Bagi Anda yang memiliki masalah BB, jangan keburu putus asa. Introspeksi dan perbaiki gaya hidup Anda. Ada beberapa penyebab yang membuat aroma badaan tak sedap. Kenali penyebabnya dan terapkan solusinya.
1. STRES Gejolak emosi yang berlebihan, gugup, gelisah, memicu peningkatan produksi keringat. Buruknya lagi, jiwa yang tertekan dan depresi menimbulkan rasa malas memperhatikan kebersihan dan kesegaran tubuh.
SOLUSI: Minumlah 2 gelas air putih setiap bangun tidur pagi hari. Setelah itu lakukanlah olah raga ringan selama 30 menit. Misalnya : jogging, aerobik, senam atau jalan santai. Bisa juga berenang 3 kali seminggu. Olah raga membuat tubuh segar, sehingga pikiran lebih tenang. Sediakan waktu untuk bersantai, minum jus, membaca sambil mendengarkan musik.
2. KERINGAT & BAKTERI Stres dapat menyebabkan produksi keringat yang berlebihan. Akibatnya banyak bagian tubuh yang berpotensi mengeluarkan bau tak sedap. Misalnya, rambut, mulut, gigi, ketiak, punggung, tengkuk, telinga, belakang telinga, lipatan paha, telapak kaki, sela-sela jemari tangan dan kaki, kuku dan lainnya.
SOLUSI: Usahakan minimal mandi dan gosok gigi 2 kali per hari dan keramas 3 kali per mingu. Setiap kali mandi, ganti pakaian Anda termasuk pakaian dalam. Setiap kali manadi, gunakan sabun antiseptik. Setelah mandi, usapkan body lotion ke seluruh tubuh. Terutama kaki, tangan dan leher agar kulit terasa halus lembut dan senantiasa harum. Pemakaian body lotion bisa juga diulang pada siang hari untuk mendapatkan kesegaran baru. Kenakan baju yang terbuat dari bahan katun atau kaus. Hindari pakaiaan berbahan nylon dan serat sintetis lainnya. Pilih model pakaian yang sederhana agar Anda tak merasa risih dan grogi. Selain itu, pastikan pakaian Anda nyaman dan tak terlalu ketat agar kulit dapat bernapas. Selain membersihkan tubuh dan pakaian, perhatikan juga kebersihan sepatu dan tas Anda. Bau badan bisa juga bersumber dari sepatu, sandal atau tas Anda.
3. PENYAKIT Gangguan kesehatan tertentu seperti radang lambung, radang saluran pernapasan, diabetes, sariawan, telinga, gigi berlubang, keputihan, eksim juga bisa mengakibatkan BB.
SOLUSI: Bila Anda mengalami gangguan kesehatan segeralah hubungi dokter dan berobat hingga sembuh tuntas.
4. MAKANAN & MINUMAN: Aroma tubuh kita dipengaruhi makanan dan minuman yang kita konsumsi.
SOLUSI: Anda yang mempunyai masalah BB sebaiknya menghindari minuman beralkohol, makanan pedas, berbau menyengat seperti petai, jengkol, bawang putih, bawang merah, bawang Bombay, terasi, bumbu kari dan durian. Perbanyak asupan air putih, jus buah, sayur-mayur dalam menu Anda.
5. WEWANGIAN: Anda yang mempunyai masalah BB, harus ekstra hati-hati memilih parfum. Parfum tertentu dengan aroma berat menyengat bisa membuat BB semakin santer dan membuat pusing orang di sekitar.
SOLUSI: Pilih wewangian beraroma ringan dan segar, misalnya aroma bunga. Percikkan parfum ke beberapa bagian tubuh yang cukup berjauhan dengan daerah sumber BB agar aroma parfum tak tercampur BB. Kalau mungkin gunakan deodorant yang menggunakan anti respirant. Selain mengharumkan, kandungannya zat di dalamnya mematikan bakteri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: