oleh HUSNI SUKRY PASARIBU

Presiden AS Barack Obama jadi juga datang ke Indonesia. Hanya semalam saja ia menginap. Datang sore, dan sudah terbang lagi esok paginya.

Di Istana Merdeka, Selasa (9/11) malam, Obama disuguhi nasi goreng dan bakso. Sebelumnya, Obama dan Presiden Yudhoyono membahas kemitraan komprehensif bilateral yang meliputi bidang perekonomian, perdagangan, investasi, energi, pendidikan dan kerja sama politik. Obama bahkan mengatakan ingin AS menjadi mitra dagang nomor satu Indonesia.

Dalam kesempatan itu, presiden menyerahkan penghargaan Bintang Jasa Utama kepada ibunda Obama, Stanley Ann Dunham Soetoro, yang pernah berkeliling desa-desa Indonesia sebagai peneliti.

Obama juga mengutip sebuah pepatah, “Bagai aur dengan tebing,” ujarnya, untuk menggambarkan kemitraan AS dengan Indonesia. Kedua negara, kata dia, saling membutuhkan.

Di Universitas Indonesia pada Rabu (10/11), Obama mengawali ceramahnya dengan menyatakan Indonesia adalah bagian dirinya. Keberagaman yang ada di negeri ini, kata dia, mengajarnya menghargai kemanusiaan.

Ia juga menyatakan pentingnya Indonesia bagi AS. Tumbuhnya kelas menengah di Indonesia, kata Obama, berarti munculnya pasar yang baru bagi barang-barang asal AS, “Sebagaimana Amerika juga adalah pasar bagi produk Anda.”

Rabu pagi, Obama meninggalkan bandara Halim Perdanakusuma. Nostalgia singkatnya, yang tak menengok almamater SD-nya yang kini berpatung tembaga Obama kecil, diakhiri janji untuk datang lagi lain waktu.

Berikut, simaklah sejumlah foto yang bercerita seputar kunjungan singkat Obama.

Presiden AS Barack Obama dan ibu negara AS Michelle Obama menuruni tangga pesawat kepresidenan Air Force One, setibanya di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (9/11). (AP Photo/Charles Dharapak)

Presiden Obama, istri, berjalan di atas karpet merah diiringi sejumlah pejabat RI. (Foto ANTARA/Puspa Perwitasari)

Presiden Yudhoyono berjalan beriringan dengan Obama, menyambut kedatangan presiden AS di Istana Merdeka, Jakarta. (AP Photo/Dita Alangkara)

Pekerja mempersiapkan poster Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Michelle Obama untuk dipasang di depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin (8/11). (Foto ANTARA/Puspa Perwitasari)

Presiden Obama dan Michelle Obama menyimak penjelasan Imam Besar Masjid Istiqlal, Ali Mustafa Yaqub, dalam kunjungan 20 menit ke masjid itu, Rabu (10/11) pagi. (AP Photo/Adek Berry)

Sejumlah pengunjuk rasa dari Hizbut Tahrir Indonesia mengusung poster menolak kemitraan komprehensif AS-Indonesia, Rabu (10/11). (AP Photo/Irwin Ferdiansyah)

Presiden Obama menyalami dan melambaikan tangan pada peserta kuliah umumnya di Universitas Indonesia, Depok, Rabu (10/11). (AP Photo/Charles Dharapak)

Seorang siswi melintas di halaman depan SDN 01 Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/11).Meskipun presiden Amerika Serikat Barrack Obama tidak dijadwalkan berkunjung ke SDN 01 Menteng namun para siswa tetap berharap agar Obama mengunjungi mantan sekolahnya tersebut. (Foto ANTARA/Agung Fatma Putra)

Dari tepi jalan, warga menonton rombongan Presiden Obama yang melintas untuk menuju bandara Halim Perdanakusuma, Rabu (10/11)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: